22.8.16

Music Review by Arief PELOY

Memantau rilisan musik udah jarang banget gue lakukan sekarang. Mungkin karena passion gue udah bergeser ke yang lain, dan referensi musik gue pun mulai berubah. Daripada membagi apa saja yang sedang gue dengar, gue malah pengen meluaskan referensi musik gue dengan mengajak orang lain untuk mereview rilisan musik sebebas-bebasnya. Kali ini, pilihannya jatuh pada drummer jagoan si Peloy yang kalo main bikin semua band jadi bagus aja, ciyeee. hahaha! Eksplorasinya juga kentara banget dengan banyaknya genre yang dia coba di beberapa band (Grave Behold, Piring Rengat, Common Goal & Stand Clear). Now let's check this out!



Review adalah salah satu bagian yang paling saya sukai di dalam zine. Semua isi materi ini di-review secara subjektif dan tanpa tekanan dari siapapun, jadi jangan berharap isi review ini selalu bagus macam jurnalis musik hehehe. :)

Texpack - “Bored Song” (Single)
Bogor
Indierock / alternative rock
Setelah hanya mendengarkan demo mereka di Soundcloud, akhirnya saya berkesempatan mengajak mereka untuk main di gig yang saya organisir bulan April lalu. Sesuai ekspektasi, aksi live mereka cukup rapih dan sama dengan demo mereka. Tiga anak muda yang baru masuk bangku kuliah ini patut diperhatikan, karena tipikal musik yang mereka mainkan berbeda dari band-band baru di Bogor, khususnya yang seumuran mereka. Kabarnya mereka sedang dalam proses rekaman untuk merilis mini album, Can’t wait!
Musik yang mereka mainkan mengingatkan saya pada Dinosaurs jr, silahkan cek demo mereka di soundcloud.com/texpack
Instagram: @texpack_


The Jansen - “From Bogor To Japan” (EP, CD-R)
Bogor
Punk Rock 70’s
Yap ini lah band baru yang memaikan musik Punk Rock 70’s dari Kota Hujan (Bogor). Saya mendapatkan EP (CD-R, Self Release) mereka dari teman saya Adipati (The Kuda). EP yang berisi 4 lagu ini cukup bikin kepala saya ngangguk-ngangguk saat memutar CD EP mereka di kamar. The Jansen mengingatkan saya pada Ramones hingga Buzzcocks. Kabarnya EP mereka juga di rilis dalam format kaset yang sudah rilis bulan Agustus ini.
Instagram : @thejansen_id
Soundcloud : soundcloud.com/jansenindonesia


Weft - “Test Press 2016” (CD-R)
Bogor
Melodic/Hardcore
Band baru potensial berisikan muka lama, member dari Weft bermain juga di band Marra, Last Pain, Scarabius. Beberapa bulan lalu mereka baru saja mengeluarkan Test Press CD yang dibagikan secara gratis, berisikan satu lagu yang akan ada di dalam mini album mereka yang akan rilis dalam waktu dekat ini. Mereka memainkan musik hardcore seperti Counterparts, Hundredth dan The Ghost Inside, band yang patut di pantau, Tidak sabar menunggu rilisan mereka keluar!
Instagram : @wefthc
Soundcloud : https://soundcloud.com/wefthc/weft-tragedy-unmix


Sk8fast - “Zombie To Skate Lets Skate” (CD-R & Kaset)
Bogor
Thrash/Fastcore
Mungkin terlambat bagi saya untuk mereview album ini, tapi kalian wajib mengetahui band inihehe. Album versi CD-Rdirilis oleh mereka sendiri dan dibagikan secara gratis pada saat acara Skate Day 2015 di Bogor, I’m the lucky one to get this one! JTidak lama setelah versi CD dirilis, keluarlah versi kasetnya yang di rilis oleh EL Tapes. Album ini berisikan 9 lagu dengan musik hardcore yang ngebut dan lirik yang ngehe haha, musik mereka mengingatkan saya pada Common Enemy. Namun sayangnya band ini jarang sekali main, padahal saya selalu mennantikan aksi live mereka.
BrainwashedEP - 2015(CD-R & Kaset)
Depok
Youth Crew / Hardcore
Oke mungkin saya akan sedikit memperkenalkan Brainwashed, mereka adalah sekumpulan anak muda dari Depok yang aktif datang ke gigs lokal dan juga aktif mengorganisir gigs bila ada band-band luar kota yang tour ke Depok. EP ini berisi 5 lagu, mereka memainkan musik youth crew hardcore. Hentakan drum yang sangat ngebut serta sedikit sentuhan melodic pada gitar jadi perpaduan yang ciamik! Dan saya lebih menyukai karakter suara vokal Indra di band ini ketimbang di Still Burn. Kelima lagu dalam EP ini  mengingatkan saya akan Champion, The First Step, dan Minority Unit. Oiya member-member dalam band ini juga bermain di Still Burn dan Wizard.
Instagram : @brainwashed15



Walk Fearless - “The Night We Spend” EP (CD-R, Kaset)
Jakarta
Hardcore
Sekelompok pemuda dalam band ini mungkin tidak asing lagi bagi kalian yang sering dataeng ke gigs daerah Jakarta dan sekitarnya, mungkin merekalah yang selalu ada di depan panggung untuk pogoin band kalian hehe. Yup mereka baru saja merilis mini album berisi 5 lagu berjudul “The Night We Spend” yang dirilis versi kaset dan CD-R oleh Trueside Records dan Set The Fire Records. Buat kamu yang suka album awal Have Heart dan juga Ruiner rilisan ini gaboleh kelewat! Sedikit tambahan, mereka juga aktif dalam mengorganisir band lokal maupun luar yang sedang tour dan juga membuat gigs tahunan Youth Reaction.
Instagram : @walkfearless



Final Breath - “Cassette Single” (Kaset)
Jakarta-Depok
Hardcore
Final Breath adalah side projectJakarta – Depok Connection dari Widi (Feel The Burn), Adit (Thinking Straight), Rio (Real Project), Fajri (Brainsyouth) dan Fadhil (Raincoat, A Thousand Punches). Mereka baru saja merilis Cassette Single mereka sebagai promo untuk mini album mereka yang akan dirilis dalam waktu dekat. Widi berhasil membuat karakter vokal yang berbeda di dalam Final Breath, mereka memainkan musik hardcore seperti Go It Alone dan juga Battery. Tidak sabar menunggu mini album mereka keluar!
Instagram : @finalbreath (not active)



Total Jerks - “Life Is Hate!!” (Kaset)
Depok
HC/Punk 80’s
Aaaaargh! Selalu ingin bergoyang rasanya bila mendengarkan lagu-lagu mereka hehe. Yup mereka kembali mengeluarkan rilisan terbarunya bertajuk “Life Is Hate!!” yang berisikan 6 lagu ala hc/punk 80’s style yang akan membuat kamu tidak berhenti bergoyang. Mini album ini dirilis oleh Greg Mike Kim Records dalam bentuk kaset. Dalam rilisan terbaru ini Total Jerks mengalami perubahan dalam line up perosnil, hanya menyisakan Ricky pada vokal sisanya member baru. Oiya mereka baru saja menyelesaikan tour Sumatera (Padang dan Jambi) bulan lalu.
Instagram : @totaljerks



No comments:

Post a Comment