24.8.16

Interview with Titan (Revolt, Bogor)



Titan sih yang bisa dibilang ngenalin gue sama dunia perskenaan. Dari hal nyenengin sampe nyebelin pernah gue lalui bersama Mas Tan, dan outputnya selalu positif kalo sama dia. Seneng deh lihat Mas Titan happy dengan semua yang dia jalanin sekarang. Ngobrol santai yuk!

Hi, Mas Titan! Lagi sibuk apa sekarang?
Yo Din..lg sibuk menata kehidupan supaya jadi lebih baik nih! hahaha..

Sama Revolt masih ya? Wow, udah berapa tahun ya barengan terus?
Haha udah brapa taun ya, Revolt itu start dari akhir taun 98an, nah berapa taun tuh monggo dihitung.. Sebenernya yang bikin kita masih ada sampe sekarang itu karena pada dasarnya kita bikin band bersifat kekeluargaan, jadi klo lagi pada selow hayok ngeband, hayok rekaman, hayok tour..Ya kadang bisa dibilang ada saatnya produktif ada saatnya juga konsumtif, tapi dibalik itu kita merasa satu sama lain udah kaya keluarga. Bikin band dari masa abege sampe sekarang udah pada nikah dan ada yang udah punya anak juga. Hahaha..

revolt - Bogor


Ceritain dong gimana proses menulis lagu-lagu di Revolt, ada yang paling berkesan ngga?
Kalo di "Bring That Beat Back" semua lirik bikinannya Eric, kalo yang gue tulis itu di rilisan-rilisan awal. Tapi semuanya bercerita tentang seputar hal-hal yang sering kita alami dan liat ya, seputar pertemanan, kehidupan,  serta hal-hal lain yang kadang asik aja buat ditulis, ya kaya si eric tuh kadang khan tulisannya cuma dia aja yang bisa ngertiin, hehe.. 
Yang paling berkesan untuk saat ini, salah satu lagu yang judulnya BERGERAK diaransemen ulang dan direkam sama LET'S GO. Lebih asoy aransemennya cuy, haha..

JIWAAAAAAAAA....A! (buat yang tau aja)


Menurut Mas Titan, gimana sih skena di Bogor bisa survive sampai sekarang? Regenerasinya kayak apa contohnya?
Sebenernya yang bisa bikin survive itu karena kita melakukan apa yang kita suka ya, dan untuk perihal regenerasi Hc/Punk di Bogor menurut gue masih sedikit tersendat ketimbang kota-kota lain, karena band-band baru yang bermunculan itu sebenarnya lebih banyak orang lamanya ketimbang "orang baru"nya. Gig-gig yang kita bikin pun 60-70% yang dateng juga masih itu-itu aja, tapi patut disyukuri juga walaupun sedikit setidaknya masih ada regenerasi yang produktif, salah satunya sekarang ada Kick It Collective & Records yang menurut gue walau team mereka sangat terbatas tapi yang mereka bikin n lakuin sejauh ini selalu maksimal, ya semoga spirit mereka bisa menjadi triggers juga buat generasi selanjutnya, amin!

Let's talk about family. Gimana niiy rasanyaaa udah berkeluarga? Uh, pengen mampir ke rumahmu lagi deh. Asik banget penataan interiornya! Gimana Mas Titan ngebagi peran bareng istri supaya semuanya berjalan baik?
Berkeluarga itu asik ya din...yang sebelumnya Do It Yourself, sekarang jadi Do It With Your Family, hahaha :p
Hayok sini Din main kerumah lagi, kebetulan kemarin baru aja ada sedikit renov karena bagian atap terserang rayap, dan sekarang lagi pelan-pelan mengkonsepin tata ruang yang baru nih, hehe..
Untuk pembagian peran sejauh ini sih berjalan dengan baik ya, gue yang berwirausaha dan istri yang kerja paruh waktu sebagai instruktur biola di 2 sekolah musik, jadi kalo doi lagi ngelesin ya gue yang stand by buat ngasuh Deiva, hehe...
Oia, gue sama istri juga bikin sebuah proyekan namanya Auntea Project, bikin-bikin semacam produk home aksesoris, mulai dari mug, cushion, pouch, dan beberapa aksesoris lainnya.





Dan apa momen paling Mas Titan suka ketika bareng keluarga kecilnya?
Momen disaat Deiva lagi nunjukkin hal-hal baru yang belum pernah dilakuin sebelumnya, hehe..



Oiya, ceritain dong gimana kamu bareng anak-anak Bogor bikin Eternal Store? Menurutku, Eternal Store keren banget sih konsepnya, dan jadi salah satu cara untuk regenerasi juga. Betul ga?
Basically gue itu suka banget sama yang namanya merchandise atau aksesoris band, dulu sekitar tahun 2001 belajar nyablon kaos trus nyobain dijual ketemen-temen deket buat nambah2 duit jajan haha.. Nah mulai dari situlah gue mulai serius produksi dan distribusi merchandise band, sampe pada akhirnya sepakat bikin kolektif store bareng temen-temen setongkrongan pada awal 2013 dengan nama Eternal Store, jualan merchandise mulai dari apparel, totebag, juga menerima custom order seperti jam tangan custom, pin button, patches/emblem, sampe ke cushion custom dan beberapa rilisan fisik seperti kaset, cd dan vinyl.
Ya bisa juga ya disebut sebagai salah satu cara regenerasi, karena suka juga jadi wadah sharing ide kalau ada yang mau bikin gig ataupun rilisannya, kadang suka diobrolin bareng2 di toko, sambil ngupi2 tentunya :p



Terakhir nih Mas Tan, sebutkan 3 of your favorite things and why.
Deivara Nareshvari - Spirit gue!
Tahu Gejrot - suka lupa diri kalo lagi makan tahu gejrot, hehe..
Jengkol - mau disemur, direndang, atau dibalado..total pol rasanya!

Okay Mas Tan, thank you yaa buat sempet-sempetin bales pertanyaanku di tengah-tengah sibuknya. Adios!


No comments:

Post a Comment